Terra Nullius

Istilah yang Aku kenal ketika mengikuti lomba 4 Pilar, Terra Nullius adalah sebutan bagi pulau tak bertuan. Ohh Benn hari ini tepat tanggal 17 Agustus 2020 adalah acara tujuhbelasan paling berkesan selama 21 tahun. Kenapa Aku bilang istimewa, karena 17 kali ini Aku bisa ke pulau Terra Nullius yang sedang bersengketa.

Yaitu pulau Tabuhan, walaupun sudah menjadi destinasi wisata tapi masih jarang dan belum terkenal seperti kawah Ijen, Baluran, atau Alas Purwo. 

Banyuwangi memiliki segudang panorama alam, baik pantai, hamparan perbukitan, tempat pemandian alami, hingga taman terakota yang memukau. 


Terlambat menyadari bahwa Banyuwangi juga istimewa sama seperti Jogja. Dan kali ini, Aku persembahkan diri ini untuk Indonesia dalam upacara penaikan bendera bersama teman-teman KKN 102 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan 102.




Banyak momen yang ingin diabadikan dalam sebuah kegiatan, banyak suka dan duka yang selalu terukir, ini bukanlah sebuah akhir dari perjalanan, bahkan sebuah awal untuk memulai sesuatu yang baru. 

Ada banyak jenis perasaan yang tidak dapat diartikan, bahkan rasa cinta tanah air, entah bagaimana bisa mencium bendera akan lebih berkesan daripada mengikuti upacara pengibaran, dan entah bagaimana bisa seorang hati memilih seseorang yang tidak sesuai dengan kriteria otak. 


Aku memang berada difase kebodohan perasaan terhadap Fahmi, tapi cintaku pada tanah air tidak akan membodohiku bahwa benar Indonesia itu surga dunia. 


Selamat ulang tahun, Indonesiaku


Comments

Popular posts from this blog

Song Review - Seandainya (Gita & Paul)

Ngebolang Kuy! Edisi Borobudur

About Me